Jumat, 27 Juli 2012

APA YANG ANDA PERCAYAI.......????????


Banyak penganut agama fundamentalis percaya bahwa bumi dan segala isinya diciptakan dalam waktu enam hari yang masing2 panjangngnya 24 jam,hanya beberapa ribu tahun yang silam.Beberapa orang Ateis ingin anda percaya bahwa Allah tidak ada, bahwa Alkitab adalah buku dogeng,dan bahwa segala jenis kehidupan dihasilkan oleh peristiwa2 yang acak dan tidak terarah alias terjadi dengan sendirinya.
Kebanyakan orang menganut paham diantara kedua gagasan yang bertolak belakang itu.Fakta bahwa Anda sedang membaca tulisan ini agaknya menunjukkan bahwa anda termasuk diantaranya.
Anda mungkin percaya kepada Allah dan merespek Alkitab. Tetapi, anda juga mungkin menghargai pendapat para ilmuwan yang sangat terpelajar dan berpengaruh yang tidak percaya bahwa kehidupan diciptakan.
Jika anda mempunyai anak2 , anda mungkin bingung bagaimana harus menjawab pertanyaan2 mereka tentang evolusi dan penciptaan.

Apakan anda setuju; untuk menghasilkan suatu benda/barang yang paling sederhana diperlukan ketrampilan dan kecerdasan -; semakin komplek barang/ atau benda yang akan dibuat dibutuhkan keahlian dan kecerdasan yang lebih tinggi.

"Alamat" bumi yang sangat strategis.
Sewaktu menuliskan alamat rumah, apa saja yang anda cantumkan ? Anda mungkin menyertakan nama Negara,Kota, dan jalan.
Alamat bumi dalam Jagat raya juga seperti itu; Negaranya " Adalah galaksi Bima sakti-; " kotanya " adalah Tatasurya- Matahari dan planet2nya- dan "jalannya" adalah Orbitnya di tatasurya.
Berkat kemajuan dalam bidang astronomi dan fisika, para ilmuwan telah memperoleh pemahaman yang mendalam tentang betapa menguntungkannya lokasi bumi kita yang istimewa di jagat raya.


Tanda kotak ,letak bumi dalam galaksi Bima Sakti
Pertama tama, "Kota" kita, yakni tata surya, berada di kawasan yang ideal dari galaksi Bima sakti- tidak terlalu dekat atau terlalu jauh dari pusatnya. : Zona layak huni : ini, demikian para iolmuwan menyebutnya, mengandung unsur2 kimia dalam kadar yang tepat yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan. Jika letaknya lebih keluar , unsur2 itu terlalu langka; jika terlalu kedalam, lingkunganya terlalu berbahaya karena ada lebih banyak radiasi dan faktor2 lainnya yang memautkan. " jadi kita tinggal di kompleks perumahan yang terbaik, " kata majalah Scientific American.

"Jalan" yang strategis: Yang juga tidak kalah strategisnya adalah "Jalan" , atau orbit, bumi dalam "kota", tata surya. Orbit ini berada 150 juta km dari Matahari, dalam suatu zona terbatas yang cocok bagi kehidupan karena tidak terlalu dingin ataupun panas. lagi pula orbit Bumi hampir bundar, sehingga jarak antara kita dan Matahari hampir sama sepanjang tahun.
Coba anda banyangkan kalau jarak Bumi dan Matahari kurang 10 % saja, pastilah kita tidak bisa hidup karena kepanasan ( terbakar ); ataupun sebaliknya bumi terlalu jauh dari Matahari 10% ; pasti telalu dingin sekali dan kitapun tidak bisa hidup.

Selain itu Matahari adalah sumber tenaga yang sempurna karena kestabilannya, ketepatan ukurannya, dan ketepatan jumlah energi yang dikeluarkannya. Itulah sebabnya Matahari sering dijuluki bintang yang sangat Istimewa.

"Tetangga " yang ideal : Jika anda harus memilih "tetangga " bagi bumi, tidak ada yang lebih baik daripada Bulan. Diameternya kira2 seperempat diameter Bumi.
Bulan2 lain di tata surya jauh lebih kecil daripada planet Induknya............ Coba anda renungkan apakah ini kebetulan atau memang dirancang ?
Salah satu alasannya, bulan adalah penyebab utama terjadinya pasang surut air laut, yang sangat penting perannannya dalam ekologi Bumi. Bulan juga turut menstabilkan perputaran Bumi pada porosnya. Tanpa Bulan yang dirancang secara Khusus itu, planet kita akan goyah bagaikan gasing yang sedang berputar, atau malah jatuh dan berputar pada sisinya ! Akibatnya adalah perubahan pada iklim, pasang surut, serta perubahan2 lainnya yang membawa bencana.

Kemiringan dan perputaran Bumi yang tepat (Akurat) : Kemiringan Bumi sebesar kira2 23,4 derajat menyebabkan siklus musim tahunan,menyeimbangkan suhu, dan memungkinkan adalanya zona iklim.
"Kemiringan poros planet kita tampaknya "sangat tepat" , kata buku Rare Earth - Why complek life is uncommon in the Universe."
Yang juga "sangat tepat " adalah lamanya siang dan malam, yang dihasilkan oleh perputarn Bumi pada porosnya. Jika kecepatan Rotasi Bumi jauh lebih lambat, hari akan lebih panjang dan belahan Bumi yang menghadap Matahari akan terpanggang sedangkan belahan lain akan membeku, dan sebaliknya jika Bumi berputar jauh lebih cepat, hari akan semakin pendek, barangkali beberapa jam saja, dan ini akan menyebabkan angin badai yang tak henti2 nya dan dampak2 merusak lainnya.

Perisai-perisai Pelindung Bumi.
Angkasa luar adalah tempat paling berbahaya, karena ada banyak radiasi yang memautkan dan asteroid yang senantiasa menghadirkan bahaya. Namon pkanet biru kita tampaknya terbang melintasi "Lapangan tembak" ini tanpa mengalami kerusakan yang berarti, Mengapa ????? Karena Bumi diselubungi pelindung yang menakjubkan- medan magnet yang sangat kuat dan atmosfer yang dirancang secara khusus ( Ini membutuhkan keahliaan dan pengetahuan yang mumpuni/ perlu penyetelan secara khusus )


Medan Magnet Bumi: Inti Bumi adalah bola besi panas cair yang berputar, sehingga planet kita bekerja seperti generator raksasa yang membentuk medan magnet yang besar dan kuat yang menjangkau jauh keluar angkasa luar. Perisai ini melindungi kita dari dahsyatnya radiasi kosmis dan berbagai kekuatan mematikan yang terpancar dari Matahari. Kekuatan itu antara lain angin Matahari, yakni aliran partikel2 bermuatan listrik; lidah api Matahari, yang melepaskan energie setaran dengan miliaran bom hidrogen hanya dalam beberapa menit; dan ledakan2 di lapisan terluar Matahari, atau korona, yang melontarkabn miliaran ton materi ke ruang angkasa.
Anda dapat menyaksikan bukti visual ini dengan melihat Aurora boreolis di kutub2.
Ukuran Bumi yang tepat besarnya sehingga menghasilkan gaya grafitasi yang cocok untuk kehidupan tidak telalu berat dan tidak terlalu ringan; sehingga hidup begitu nyaman. Seandainya Bumi sebesar planet Yupiter Pasti kita tidak suka berjalan2 menikmati pemandangan alam karena kita akan sulit untuk mengangkat kaki kita. ( jadi ukuran bumi dan bulan tidak ditentukan secara sembarangan )


Buku Ayub di dalam Alkitab yang ditulis 3500 tahun yang lalu;memuat pernyataan2 yang membuat kita rendah hati;
Ayub 38:4,5 ; Allah berfirman,dimanakah engkau pada waktu Aku meletakkan dasar Bumi ? Siapakah yang menetapkan ukurannya; bukankah engkau mengetahuinya ?



Atmosfir Bumi: Selimut gas ini tidak hanya menyediakan udara yang kita hirup tetapi juga memberikan perlindungan tambahan. Lapisan luar atmosfer, yakni stratosfer, mengandung sejenis oksigen yang disebut Ozon, yang menyerap 99 % pancaran radiasi Ultraviolet (UV). Jadi , lapisan ozon turut melindungi banyak jenis kehidupan- termasuk manusia dan plakton2 yang kita andalkan untuk menghasilkan banyak Oksigen- dari radiadi bwerbahaya. Jumlah ozon di stratosfer tidak tetap, tetapi meningkat seiring dengan bertambahnya intensitas radiasi UV. Jadi , lapisan ozon adalah perisai yang dinamis dan efisien.
Atmosfer juga melindungi kita dari sampah yang setiap hari menghujani kita dari ruang angkasa- jutaan obyek dengan ukuran beragam, dari partikel2 halus hingga bongkahan besar meteorit. Sebagian besar terbakar habis di atmosfer, yang menimbulkan kilata2 cahaya terang yang disebut meteor. Tetapi perisa2 bumi tidak menghalangi radiasi yang mutlak perlu bagi kehidupan, seperti panas dan cahaya. Atmosfer bahkan turut menyebarkan panas ke seluruh bola bumi, dan pada maloam hari atmosfer berfungsi sebagai selimut dengan memperlambat hilangnya panas.
Atmosfer dan medan magnet benar2 merupakan rancangan mengagumkan yang masih belum sepenuhnya dipahami.
Hal yang sama dapat dikatakan tentang daur daur yang menopang kehidupan di planet ini.

Daur2 alami untuk Kehidupan :
Jika pasokan udara serta air bersih di sebuah kota dihentikan dan saluran2 pembuangan diblokir-, penyakit serta kematian akan segera timbul.Tetapi perhatikan : Planet kita tidak seperti restoran, yang mendatangkan makanan serta pasokan baru dari luar dan membuang sampahnya keluar.
Udara dan air bersih yang kita butuhkan tidak didatangkan dari luar angkasa,da sampah pun tidak diterbangkan ke luar Bumi.
Jadi bagaimana bumi bisa bisa tetap sehat dan layak huni ??????????
Jawabannya adalah karena Bumi dirancang sedemikian brillian untuk bisa Mandiri guna menunjang kehidupan; Yaitu dengan adanya daur2 alami seperti dari daur air, daur karbon,oksigen dan nitrogen yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan.

Daur air : Panas matahari menguapkan air ke atmosfer; air yang dimurnikan ini berkondensasi menjadi awan; selanjutnya ,awan yang turun ke bumi menjadi hujan dan siap kembali menguap begitu seterusnya; air sangat mutlak diperlukan bagi kehidupan di bumi; tanpa air kita semua pasti mati dalam beberapa hari.

Daur karbon dan oksigen :
Semua makluk hidup perlu bernafas setiap saat yaitu dengan menghirup Oksigen dan mengeluarkan limbah berupa karbon; tetapi uniknya di bumi selama ini oksigen selalu tersedia gratis; hal ini kuncinya terletak pada daur karbon dan oksigen sebagai berikut : Dengan proses fotosintesa,tanaman menyerap karbon dioksida yang kita hembuskan, menggunakan gas itu dan energi cahaya matahari untuk menghasilkan karbohidrat dan oksigen; dimana oksigen dari limbah fotosintesa ini merupakan bahan bakar yang sangat penting untuk kehidupan.Seluruh proses produksi karbohidrat dan oksigen (udara) ini berlangsung dengan sangat effisien, senyap dan tanpa limbah.

Daur Nitrogen :Kehidupan di bumi juga tergantung pada produksi molekul2 organik, seperti protein.
1.Untuk menghasilkan molekul2 itu diperlukan nitrogen. Syukurlah,78 % atmosfer kita terdiri dari gas tersebut. Kilat mengubah nitrogen menjadi senyawa2 yang dapat diserap oleh tanaman.
Daur nitrogen
2.Lalu ,tanaman memadukan senyawa2 ini menjadi molekul organik. Dengan demikian ,binatang yang memakan tanaman tsb juga memperoleh nitrogen.
3.Ahirnya,ketika tanamn dan binatang mati, senyawa nitrogen di dalamnya akan diurai oleh bakteri.Proses pembusukan itu melepaskan nitrogen kembali ke tanah dan atmosfer,sehingga lengkaplah daur nitrogen itu.


Daur ulang yang sempurna !!!!!!!

Manusia dengan teknologi canggih mereka, setiap tahun menciptakan tak terhitung banyaknya limbah beracun yang tidak bisa didaur ulang.Namun, bumi mendaur ulang semua limbahnya secara sempurna, dengan tehnik kimia yang kreative,senyap; apakah ini suatu kebetulan ?????

Bumi yang sarat akan kehidupan :
Tak ada yang tau berapa banyak species yang ada di Bumi; Perkiraannya berkisar dari 2 juta hingga 100 juta.

Tanah:Dalam 100 gram tanah saja terdapat 10.000 species bakteri, dan ini belum termasuk mikroba.Beberapa species ditemukan di bawah permukan tanah sedalam hampir tiga kilometer.

Udara: Selain burung, kelelawar, dan serangga yang berterbangan di udara, atmosfer juga penuh dengan serbuk sari serta spora lainnya,benih,dan- di daerah tertentu- ribuan jenis mikroba, keragaman jenis mikroba di udara ,sama banyaknya dengan jenis mikroba di tanah" kata majalah Scientific American.

Air: Lautan masih menyimpan misteri besar karena untuk meneliti laut dalam, para ilmuwan sering harus menggunakan teknologi yang mahal. Bahkan terumbu2 karang yang relatif mudah di jangkau dan telah banyak diteliti,bisa jadi dihuni jutaan species yang belum diketahui.

Apakah keragaman kehidupan yang mengagumkan ini muncul secara kebetulan ?


Siapa yang selayaknya dihargai ?
Siapa pemegang paten alam ?

Belakangan ini , para ilmuwan dan insinyur telah diajar,secara harfiah, oleh tumbuh2 an dan hewan. Mereka mempelajari serta meniru fitur2 rancangan berbagai makluk hidup-; bidang yang dikenal sebagai Biomimetika-; untuk menciptakan produk2 baru yang ada. Seraya anda memperhatikan contoh berikut, renungkanlah, "Siapa sebenarnya yang layak untuk dihargai sebagai perancang yang genius.


Sementara ini, Badan Antariksa AS (NASA) sedang mengembangkan robot berkaki banyak yang dapat berjalan bak kalajengking, dan insinyur Di finlandia sudah mengembangkan traktor berkaki enam seperti serangga raksasa yang dapat melewati berbagai rintangan. Peneliti lain telah merancang kain dengan sisik2 kecil yang dapat membuka dan menutup seperti buah pohon cemara. Kain itu bisa menyesuaikan diri dengan suhu tubuh pemakainya.dan ternyata jaring laba2, dengan berat yang sama lebih kuat dari baja maupun kevlar; untuk memproduksi baja dan kevlar diperluakan suhu yang tinggi dengan pelarut yang sangat berbahaya; sedang kan laba2 memproduksi jaringnya hanya

dengan suhu ruangan dan pelarut air.Tokek bisa menempel di permukaan yang sangat licin denga menggunakan daya molekuler.
Sebuah produsen mobil mengembangkan kendaraan yang menyerupai ikan buntal kotak yang sangat rendah hambatan.Dan , peneliti lain sedang menyelidiki cangkang tiram abalone yang mampu meredam hantaman, dengan tujuan membuat baju pelindung yang lebih ringan dan kuat.Ada begitu banyak ide cemerlang dari alam sehingga para peneliti telah menyusun bank data yang mengkatalokkan ribuan sistem biologi. dari bank data ini, para ilmuwan dapat mencari : "Solusi alam atas problem rancangan mereka ", Kata The Economist.
Berbagai sisitem di alam yang didaftarkan dalam bank data ini dikenal sebagai paten biologi.
Biasanya,pemegang paten adalah orang atau perusahaan yang secara legal mendaftarkan suatu ide atau mesin baru.

Ketika membahas bank data yang disebut paten biologi itu,The Economist mengatakan, "Dengan menjuluki berbagai rancangan biomimetika sebagai " paten biologi" , para insinyur sebenarnya menandaskan bahwa alamlah pemegang patennya.
Bagaimanana alam bisa memiliki semua ide brilliant semacam itu ?
Pakar mikrobiologi bernama Michael J.Behe menulis di The new york time tanggal 7 februari 2005, "Rancangan yang jelas2 terlihat (di alam)
memberikan argumen yang sederhana namun sangat meyakinkan : bila sesuatu berbentuk,berjalan, dan bersuara seperti Bebek, lalu tidak ada bukti kuat lainnya yang bertentangan dengan itu, kita mempunyai dasar untuk menyimpulkan bahwa itu adalah Bebek." Pendapat Behe ? "Jangan anggap sesuatu bukan hasil rancangan padahal sudah jelas2 demikian."
Sekarang pikirkan fakta ini: Para peneliti yang berpendidikan tinggi membuat tiruan yang sempurna dari berbagai sistem di alam ubntuk mengatasi problem rekayasa yang sulit.
Namun,beberapa orang mengatakan bahwa si genius pencetus ide aslinya adalah evolusi yang tidak berakal ?
Jika tiruannya saja memerlukan perancang yang cerdas, bagaimana dengan produk aslinya ? Ya , siapa yang lebih layak mendapat pengakuan dan penghargaan, sang pekerja ahli atau murid yang meniru rancangannya ?

Hal ini selaras dengan apa yang pernah diungkapkan oleh Rasul Paulus,seorang penulis alkitab 2000 thn yang lalu , yang tercatat pada pada buku terilham " Sebab sifat2 Nya yang tidak kelihatan, " Yaitu kuasaNya yang kekal dan keilahiannya, Jelas terlihat sejak penciptaan dunia. karena sifat-sifat tsb dipahami melalui perkara2 yang diciptakan,"sehingga mereka tidak dapat berdalih" (roma 1 :20 )


Resume:
1.Lokasi Bumi dalam galaksi Bima sakti dan tata surya, begitu pula orbitnya,ukurannya, kemiringannya, kecepatan rotasinya (yang akurat),serta bulannya yang unik
2 Medan magnet dan atmosfer yang berfungsi sebagai perisai ganda. dan grafitasi yang sangat cocok untuk kenyamanan kehidupan.
3.Daur2 alami yang mengembalikan dan membersihkan pasokan udara dan air di planet ini.
4.Planet yang sarat akan kehidupan;dan dalam semarak keaneka ragamam.
5.Rancangan di alam yang efiisient dan unik; bidang Biomimetika.

Perenungan :

Dengan memperhatikan berbagai keunikan yang ada di planet Bumi, coba renungkanlah, " Apakah berbagai keistimewaan Bumi adalah hasil dari kebetulan belaka atau hasil dari rancangan yang bertujuan dari pribadi yang super cerdas diluar batas kecerdasan manusia.

Bagaimana tanggapan anda jika ada yang mengatakan bahwa Bumi tidak ada yang unik/istimewa dibanding planet2 lainnya;ataukah memang bumi ini dirancang dengan demikian sempurna untuk dapat menunjang segala kehidupan ??

Apakah menurut anda masuk akal untuk percaya bahwa rancangan brillian yang terlihat jelas di alam terjadi secara kebtulan ?

Bagaimana anda menanggapi pernyataan bahwa kehidupan tidak dirancang sekalipun kelihatannya demikian ?

Apa yang cenderung anda percayai-; Semua kehidupan yang ada adalah hasil evolusi ( suatu kebetulan yang membabi buta atau seleksi alam) atau diciptakan oleh pribadi yang maha cerdas yang mempunayi maksud dan tujuan.
Mengapa anda mejawab demikian ?

Apa saja alasan yang kuat untuk memeriksa dasar2 kepercayaan anda ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar